Keenaninstereo Merupakan situs tutorial membuat dan mendaftar serta sayarat yang di butuhkan untuk anda melengkapi sertifikat dan jumlah pembayaran pajak anda

Cara Membuat NPWP yang Mudah Cepat dan Benar

Cara Membuat NPWP yang Mudah Cepat dan Benar. Nah kali ini adalah ringkasan mudah cara membuat NPWP yang mudah cepat dan benar. dari beberapa cara membuat hingga persyaratan npwp tentu kita akan bisa memberikan cara ringks dan cepat dalam membuat npwp. terutama bagi anda para wajib pajak.

ya cara membuat npwp bisa di bilang sesuatu yang mudah, selama kita mengenali terlebih dahulu, syarat dan ketentuan yang berlaku. dengan mengenali syarat dan ketentuan kita akan lebih cepat dan lebih mudah dalam pengurusan npwp. terutama saat kita hanya di desak waktu cuti sehari dalam pengurusan npwp. nah berikut ini langsung saja , kami sajikan Cara Membuat NPWP yang Mudah Cepat dan Benar : 

Membuat NPWP secara Online atau Langsung?
Metode pendaftaran NPWP saat ini sudah sangat mudah, bahkan dapat Anda lakukan di atas tempat tidur Anda dengan layanan e-registration dari kantor pajak. Namun kemudahan ini masih terganjal regulasi yang sedikit memakan waktu (14 hari kerja), sehingga untuk pendaftaran NPWP saya lebih menyarankan untuk membuatnya langsung ke kantor pajak karena pembuatan NPWP secara langsung ke kantor pajak hanya 1 hari kerja.

Membuat NPWP lewat konsultan atau urus sendiri?
Sudah bukan rahasia lagi bahwa pengurusan NPWP banyak dilakukan oleh para "konsultan pajak" yang menawarkan kemudahan pembuatan NPWP. Padahal jika Anda tahu, pembuatan NPWP memang tidak sulit jika Anda mau sedikit belajar. Segala materi tentang cara pembuatan NPWP sudah tersedia di blog ini, silahkan Anda pelajari dan jika Anda mengalami kesulitan bisa Anda tanyanyakan langsung di sini.



Tips Membuat NPWP yang Cepat 

  1. Datang lah sendiri ke Kantor Pajak terdekat di daerah Anda  (bukan diwakilkan konsultan/notaris).
  2. Pastikan KTP Anda sesuai dengan lingkup kerja Kantor Pajak tersebut, jika tidak sama silahkan Anda membuat surat keterangan domisili terlebih dahulu. 
  3. Persiapkan persyaratan NPWP dengan lengkap. Persyaratan NPWP bisa Anda baca di sini Persyaratan NPWP Orang Pribadi
  4. Sebagai tambahan, Anda tidak perlu menyiapkan uang dalam jumlah tertentu karena pembuatan NPWP tidak dipungut biaya
  5. Isi formulir pendaftaran NPWP dengan lengkap dan benar, jika Anda ragu silahkan isi sesuai yang Anda tahu dan bisa Anda lengkapi saat petugas memintanya. Silahkan download dan print formulir pendaftaran NPWP di sini : Formulir NPWP atau Anda dapat mengambil langsung di Kantor Pajak.
  6. Serahkan formulir pendaftaran NPWP dan persyaratannya, jawab seperlunya saat ditanya petugas pembuat NPWP.
  7. Secara Aturan, NPWP Anda akan langsung diproses saat itu juga jika sudah dinyatakan lengkap, namun yang perlu Anda tahu NPWP dan Surat Keterangan Terdaftar harus dikirim lewat POS ke alamat yang Anda cantumkan saat mendaftar. Namun dalam kondisi tertentu seperti alamat yang sangat terpencil, kartu NPWP bisa langsung Anda terima saat itu juga.

Langkah Selanjutnya
Jadi kurang lebih seperti itu lah langkah-langkah cara membuat NPWP yang cepat dan benar. Artikel ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi saya selama bertugas di front office kantor pajak. Saat melayani pembuatan NPWP, saya sering menemui masalah-masalah sepele yang kurang dipahami calon pemegang kartu NPWP, sehingga permohonan terpaksa tidak dapat saya proses. Selama persyaratan pembuatan NPWP dapat dipenuhi, maka hari itu juga Anda bisa mendapat kartu NPWP atas diri Anda.

Selain hal di atas, ada hal yang lebih penting dan wajib Anda pahami yaitu kewajiban perpajakan setelah memiliki kartu NPWP. Untuk lebih memahami apa saja yang harus Anda lakukan setelah miliki NPWP, saya sudah membuat artikel khusus tentang hal ini yang bisa Anda baca di sini Kewajiban Setelah Memiliki Kartu NPWP

silahkan anda share jika bermanfaat !

G+

Tag : Cara Daftar, Pertanahan
Back To Top