Keenaninstereo Merupakan situs tutorial membuat dan mendaftar serta sayarat yang di butuhkan untuk anda melengkapi sertifikat dan jumlah pembayaran pajak anda

Cara dan Proses Mengurus Surat Nikah Lengkap

Cara dan Proses Mengurus Surat Nikah Lengkap. Tuhan menciptakan manusia dalam dua jenis yaitu laki-laki dan perempuan. Sebagai seorang laki-laki yang kodratnya akan menjadi seorang pemimpin entah itu dalam karirnya maupun dalam lingkungan keluarganya tentunya membutuhkan seorang pendamping yang bersedia menjalani kehidupan dalam segala kondisi apapun. Mencari seorang istri ataupun suami yang sesuai dengan kriteria bukanlah perkara mudah. Apalagi kalau orang tua sudah mempertimbangkan bibit, bebet dan bobotnya. Hal ini tentu menjadi perhatian khusus bagi orang yang ingin melanjutkan kehidupannya di masa depan.



Sebuah pernikahan memang didasari oleh rasa cinta dan kasih agar dalam hidup berumah tangga menjadi lebih harmonis dan diharapkan tidak ada satupun masalah yang dapat memisahkan dua insan tersebut kecuali maut. Hal ini lah yang membuat Anda untuk memilih calon pasangan hidup dengan lebih hati-hati. Lalu, bagaimana dengan Anda yang sudah memiliki calon tapi belum bisa melanjutkan ke jenjang pernikahan?

Setiap manusia memang memiliki rencananya sendiri-sendiri tidak terkecuali Tuhan yang juga memiliki rencana-Nya. Bila Anda sudah memiliki calon tapi belum bisa melanjutkan ke jenjang pernikahan entah karena beberapa hal yang mungkin Anda pertimbangkan, tidak perlu risau dengan orang yang membicarakan Anda. Anda hanya perlu melakukan sebagaimana Anda lakukan selama ini, lakukan dengan baik dan berusaha terus pasti Tuhan akan mendengar dan mengabulkan do’a Anda.

Berbicara mengenai pernikahan, tentunya Anda akan dipusingkan dengan masalah administrasi surat nikah yang sebagai syarat untuk memperoleh buku nikah yang resmi dari negara. Anda tidak perlu risau dengan hal itu, caranya cukup mudah kok. Untuk mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan Anda bisa datang langsung ke KUA setempat dan bertanya mengenai persyaratan surat nikah tersebut. Biasanya dalam pembayaran ke KUA itu dilakukan H-2 pekan sebelum hari pernikahan. 

Inilah Cara dan Proses Mengurus Surat Nikah Lengkap


1. Surat izin RT/RW

Pertama yang harus Anda lakukan adalah pergi ke RT & RW setempat untuk meminta surat keterangan ingin menikah. Disini Anda akan diminta untuk membayar kas seikhlasnya jadi terserah Anda mau memberikan berapa. Berkas yang harus Anda siapkan antara lain: fotocopy KTP, KK dan PBB. Bila calon Anda satu RT jadi hanya membuat satu surat saja tapi kalau beda RT ya masing-masing buat surat keterangan ijin menikah dari RT & RW.

2. Mengurus ke Kelurahan

Setelah Anda mengantongi surat dari RT&RW, Anda langsung mengurus surat N1, N2 dan N4 ke kelurahan. Nah, disini Anda juga akan diminta untuk mengisi kas seikhlasnya. Surat N1, N2 dan N4 ini digunakan untuk membuat surat ketengan untuk ke KUA. Jadi berkasnya harus lengkap dan berikut yang perlu Anda siapkan:

- Surat keterangan RT&Rw

- Fotokopi KTP

- Fotokopi KK

- Fotokopi akta kelahiran

- Fotokopi ijazah

- Fotokopi pembayaran PBB

- Materai

- Surat pernyataan belum pernah menikah

Nah, untuk surat pernyataan belum pernah menikah Anda bisa buat sendiri atau menggunakan form dari kelurahan. Bila Anda menggunakan form dari kelurahan Anda harus mengajak orang lain untuk tanda tangan sebagai saksi bahwa Anda memang belum pernah menikah sebelumnya. Kalau Anda tidak ingin repot bisa langsung membuat sendiri.


3. Mengurus ke KUA

Setelah surat N1, N2 dan N4 dari kelurahan jadi Anda harus segera mengurusnya ke KUA setempat. Berkas yang harus Anda bawa untuk mengurus ke KUA yaitu:

- Berkas keterangan dari kelurahan

- Fotokopi ijazah kedua mempelai

- Fotokopi akta kelahiran kedua mempelai

- Fotokopi KTP kedua mempelai

- Fotokopi KK

- Pas foto 2X3 sebanyak 5 lembar (background kedua mempelai harus sama)

- Pas foto 4X6 sebanyak 5 lembar (background kedua mempelai harus sama)

- Materai

Setelah berkas yang Anda bawa lengkap, petugas KUA akan mencatat secara detail tanggal, jam serta lokasi Anda menikah. Kemudian petugas akan membuatkan form keterangan yang menyatakan bahwa kedua mempelai akan melangsungkan pernikahan. Sebelumnya pihak kelurahan akan memberikan kontak penghulu yang akan bertugas di acara Anda agar nantinya Anda bisa menghubungi penghulunya.

4. Pembayaran Nikah

Perlu Anda ketahui bahwa nikah itu gratis ya kalau Anda nikahnya di KUA tapi kalau Anda nikahnya di luar KUA akan dikenai biaya administrasi sebesar Rp 600.000,- yang langsung transfer ke rekening KUA tersebut melalui bank BNI. Dan biaya nikah itu tidak mahal kok yang mahal itu biaya resepsinya dan mengikuti gaya sekarang yang mementingkan gaya acaranya yang mewah.

Nah, itulah Cara dan Proses Mengurus Surat Nikah Lengkap. Sebelum Anda memasuki tanggal pernikahan yang sudah Anda tentukan ada baiknya Anda mengurus surat nikah jauh-jauh hari. Karena surat nikah ini penting sekali jadi Anda harus mempersiapkan dengan sangat baik. Untuk total biaya Anda bisa menghitungnya sendiri tidak lebih dari 1 juta kalau Anda menikah di KUA tapi kalau Anda menikah di KUA pastinya akan berkisar 1-1,5 juta tergantung tempat Anda tinggal. Begitulah prosedur pengurusan surat nikah, semoga bermanfaat untuk Anda.

G+

Tag : Cara Daftar, Cara Mengurus
Back To Top